Variasi Resep Bubur Kacang Hijau Ini Wajib Dicoba Untuk Bayi

Wah, si kecil mulai MPASI ya? Momen ini akan sangat menyenangkan karena Anda bisa memperkenalkan berbagai makanan berbeda pada buah hati tersayang. Di antara sekian banyak jenis makanan yang ada, kacang hijau bisa dijadikan alternatif untuk menu MPASI. Kacang hijau ini merupakan sumber protein nabatai yang kaya akan kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, dan juga fosfor yang baik untuk tumbuh kembang anak. Tapi Anda mungkin berpikir kalau kacang hijau adalah jenis makanan yang membosankan, padahal banyak sekali alternatif resep bubur kacang hijau yang bisa dicoba seperti berikut ini:

Resep Bubur Kacang Hijau Wortel

Untuk anak di bawah usia 1 tahun, sebaiknya memang tidak memberikan campuran gula pada makanan. Lalu bagaimana supaya rasa bubur kacang hijau tetap manis? Anda bisa menambahkan bahwan lain seperti wortel. Wortel memiliki kandungan gula alami dan juga vitamin yang baik untuk buah hati. Uk, simak resep bubur kacang hijau wortel ini!

Bahan-bahan:

  1. 100 gram kacang hijau
  2. 2 buah wortel (usahakan menggunakan wortel buah yang bentuknya lebih besar dan warnanya lebih terang karena rasanya lebih manis)
  3. 10 sdm ASI

Cara membuat:

Pertama, cuci kacang hijau dan wortel hingga bersih. Setelah itu, sangrai kacang hijau hingga mtang dan haluskan menggunakan blender. Saat teksturnya sudah halus seperti tepung, sisihkan kacang hijau di dalam wadah tertutup. Setelah itu, kukus wortel hingga matang dan blender sampai halus kemudian saring. Gunakan bagian yang lembutnya saja, sementara itu ampasnya bisa dibuang. Masukkan puree wortel tersebut ke dalam panci, tambahkan bubuk kacang hijau kemudian aduk hingga tercampur diatas api kecil. Jika tekstur terlalu kental, bisa ditambahkan air putih. Kalau sudah matang, beri tambahan sedikit ASI untuk memberikan rasa yang dikenal di kecil.

Bubur kacang hijau wortel ini bisa dijadikan salah satu menu MPASI yang pasti akan disukai buah hati.

Resep bubur kacang hijau alpukat

Resep berikutnya adalah bubur kacang hijau alpukat. Menu ini cocok dipilih untuk menaikkan berat badan bayi. Rasanya pun dijamin sangat enak dan lembut, sehingga pas dijadikan menu MPASI untuk bulan-bulan awal. Yuk, simak resep bubur kacang hijau alpukat ini!

Bahan-bahan:

  1. Setengah buah alpukat matang (tandanya daging buahnya empuk, tebal, dan berwarna kekuningan)
  2. 100 gram kacang hijau
  3. 1 sdt unsalted butter

Cara membuat:

Pertama cuci kacang hijau hingga bersih, kemudian rendam di dalam air dingin selama 2 jam. Setelah itu, kukus kacang hijau sampai lunak dan benar-benar matang. Jika sudah, haluskan kacang hijau dan saring supaya kulitnya tidak tercampur. Haluskan juga alpukat dan kemudian campurkan dengan kacang hijau yang sudah lembut. Selagi masih panas, tambahkan unsalted butter untuk membuat rasa bubur kacang hijau lebih gurih. Anda juga bisa memberikan tambahan ASI.

Untuk si kecil yang mengonsumsi susu formula, maka bisa juga ditambahkan susu formula dalam resep bubur kacang hijau tersebut. Pada dasarnya, kacang hijau cocok dicampurkan dengan berbagai bahan mulai dari yang manis hingga asin sesuai dengan selera si kecil. Jika suka, bubur kacang hijau ini juga boleh disajikan dalam keadaan dingin terutama ketika ia tumbuh gigi. Makanan dingin akan membantu mengurangi rasa nyeri pada gusi sehingga si kecil merasa lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E