Tips Menjaga Sepatu Safety Tahan Lama

Pakar mengatakan bahwa ada alasan bagus mengapa memeriksa dan membersihkan sepatu safety tak selalu menjadi prioritas tertinggi bagi banyak pekerja. Hal tersebut sudah menjadi sifat manusia. Ketika usai kerja apakah langsung ke rumah atau nongkrong dahulu bersama teman, ada hal lain yang dipikirkan selain membersihkan sepatu safety. Padahal harga sepatu safety cukup mahal, tentu akan sayang jika umurnya pendek karena tak terawat dengan baik.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk meningkatkan kesadaran mengenai cara terbaik untuk merawat sepatu safety demi memperpanjang masa pakainya semaksimal mungkin. Seorang pakar mengatakan bahwa meluangkan beberapa menit setiap hari untuk merawat dan memelihara alas kaki keselamatan dapat memperpanjang masa pakai sepatu safety pekerja.

Tips-Menjaga-Sepatu-Safety-Tahan-Lama

Menggilir Pemakaian Sepatu

Jika memungkinkan beli dua pasang sepatu, dan putar giliran pemakaian antar kedua pasang sepatu tersebut. Rata-rata pekerja dapat berkeringat sebanyak 200 ml yang meresap ke dalam sepatu safety ketika sedang melakukan kegiatan berat. Kelembapan tersebut tak hanya memakan sepatu safety tersebut tetapi juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan lecet pada pekerja.

Dengan memberikan setiap pasang sepatu safety beristirahat selama satu hari, kelembapan pada sepatu tersebut akan menguap dan kering.

Menjaga Alas Kaki Kering

Setiap penggunaan, alas kaki keselamatan mesti disemprot dengan selang, direndam ke dalam air atau dicuci dengan sabun, air dan lap atau sikat, tergantung dari jenis sepatu dan seberapa kotor sepatu tersebut. Untuk sepatu safety yang terbuat dari kulit, bersihkan dengan lap basah atau sabut busa dan deterjen yang lembut. Berdasarkan seorang pakar produk keselamatan, membersihkan alas kaki tak hanya melindungi sepatu dari penurunan kondisi, tetapi juga mempermudah untuk mendeteksi tanda-tanda kerusakan fisik.

Membersihkan juga membantu kinerja, terutama untuk sepatu anti terpeleset. Fawn Evenson dari Asosiasi Alas Kaki dan Pakaian Amerika menganjurkan untuk menggunakan sikat atau selang untuk membersihkan lumpur dan kotoran dari bagian bawah sepatu anti terpeleset sehingga dapat menjaga gesekan atau daya tarik sepatu tersebut.

Jaga Kulit Tetap Fleksibel

Jika Anda menggunakan alas kaki keselamatan yang terbuat dari kulit, para ahli menganjurkan untuk menggunakan lemak sepatu, minyak, atau krim pelembab lainnya yang tersedia di toko sepatu dan toko lainnya untuk mencegah sepatu tersebut kering atau retak. Seperti biasa, selalu konsultasikan dengan panduan pabrik terlebih dahulu. Jika tak ada panduan, kunjungi situs pabrik tersebut atau toko ritel dari sepatu tersebut.

Membeli Pembatas Kaus Kaki Baru

Jika alas kaki tak menunjukkan tanda-tanda fisik kerusakan, pembatas kaus kaki baru yang tersedia di lorong perawatan kaki toko ritel dapat memberikan hidup baru untuk sepasang sepatu boot yang tua. Perangkat tersebut dapat memberikan perbedaan besar dari rasa menggunakan sepatu boot setelah dikenakan selama beberapa waktu.

Memilih Sepatu yang Tepat

Sering kali ketika sepatu safety gagal untuk memenuhi harapan, biasanya karena sepatu tersebut tidak cocok untuk tugas penggunannya. Profesional keselamatan dapat memastikan bahwa pekerja menggunakan sepatu atau boot yang tepat dengan melakukan pengujian bahaya pada setiap tugas pekerjaan demi menentukan jenis proteksi sepatu yang dibutuhkan untuk setiap pekerjaan.

Tentu saja untuk setiap jenis sepatu yang berbeda, memiliki harga yang berbeda pula. Selain dari medan pemakaian, tentu harga sepatu dipertimbangkan juga dari bahan yang digunakan dan merk sepatu tersebut. Untuk mengetahui daftar harga sepatu safety, Anda dapat melihatnya di b2b marketplace ralali.com ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E