Tips Kulkas Aman Saat Mati Listrik

Ketika terjadi mati listrik banyak kegiatan kita yang akan terganggu. Peralatan elektronik akan berhenti berfungsi karena hilangnya aliran listrik, padahal ada beberapa alat elektronik yang sangat penting untuk selalu menyala, salah satunya kulkas. Ketika kulkas terjadi listrik padam tentu kerja dari kulkas akan berhenti, ini sangat membahayakan makanan di dalam kulkas yang harus terjaga suhunya seperti ASI perah, makanan beku, daging segar dan lain-lain. Terutama bagi pelaku bisnis yang membutuhkan kulkas sebagai penyimpanan, sepereti toko kue atau usaha catering yang menyimpan bahan makanan dalam kulkas. Berikut ini beberapa kiat untuk menyelamatkan isi kulkas saat terjadi mati listrik :

  1. Hindari membuka pintu lemari es dan freezer kecuali jika perlu.

Jika tetap tertutup, makanan akan tetap dingin lebih lama. Kulkas yang tertutup akan membuat makanan dingin selama sekitar empat jam. Sementara freezer penuh akan menahan suhu selama sekitar 48 jam (24 jam jika setengah penuh).

  1. Tempatkan daging dan ayam di satu sisi freezer atau di atas nampan.

Ini membantu mencegah kontaminasi silang akibat cairan dari daging yang mencair.

  1. Gunakan dry ice atau balok untuk menjaga lemari es tetap dingin.

Lima puluh pon dry ice bisa membuat freezer 18 kaki kubik yang berisi penuh, bisa dingin selama dua hari.

  1. Periksa suhu di dalam lemari es dan freezer Anda.

Buang makanan busuk (daging, ayam, makanan laut, telur atau sisa makanan) yang telah di atas 40° F selama dua jam atau lebih.

  1. Buang makanan yang memiliki bau, warna atau tekstur yang tidak biasa atau terasa hangat saat disentuh.
  2. Periksa kristal es pada makanan beku

Makanan dalam freezer Anda yang sebagian atau seluruhnya telah mencair dapat dibekukan kembali dengan aman jika masih mengandung kristal es atau memiliki suhu 40° F atau sekitar 4 derajat Celsius atau lebih rendah.

  1. Jangan pernah mencicipi makanan untuk mengetahui  apakah itu aman. Jika Anda tidak yakin, buang saja.

Hal yang paling penting untuk diingat adalah ketika ragu, buanglah. Jika tidak, Anda dan keluarga anda bisa sakit.

Agar lebih aman saat terjadi mati listrik dan makanan di kulkas bias terselamatkan anda dapat menggunakan genset sebagai sumber cadangan listrik. Tidak usah khawatir terhadap harga karena sudah tersedia rental genset murah di https://sewatama.com/id/ yang terpercaya dan berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E