Riset Pasar Perumahan Untuk Perkuat Sektor Properti

Riset pasar perumahan sangat penting untuk mengetahui keinginan dan kemampuan masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggalnya. Riset bidang perumahan dapat memperkuat sektor properti sehingga dapat memainkan perannya secara optimal untuk meningkatkan pembangunan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Dalam bidang ekonomi, sector perumahan atau property memiliki kedudukan yang sangat penting. Perumahan merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat penting setelah kebutuhan sandang dan pangan. Memiliki rumah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan sebuah harapan terbesar mereka. Namun, pada kenyataannya untuk memiliki rumah memang bukan hal yang gampang. Masalah terbesarnya adalah terbatasnya kepemilikan dana masyarakat yang mana di satu sisi mereka sangat menginginkan memiliki rumah hunian yang layak, namun disisi lain mereka terbentur kepada ternatasnya jumlah dana yang mereka miliki untuk membeli rumah tersebut. Diperlukan campur tangan pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pemerintah harus mewujudkan keinginan terbesar masyarakatnya untuk memiliki rumah hunian layak yang terjangkau oleh pendapatanya saat ini. Ketika masyarakat akan mengajukan kredit kepemilikan rumah ke bank, mereka terbentur oleh beberapa persyaratan teknis dan administrative yang terkadang tidak bisa mereka penuhi. Pemerintah menyediakan sebuah lembaga khusus yang menangani pembiayaan perumahan untuk masyarakat kalangan bawah yang ingin memiliki rumah. Ketika pemerintah melakukan kebijakan untuk membentuk lembaga khusus tersebut, maka terlebih dahulu harus dilakukan riset pasar perumahan agar kebijakan tersebut bisa efektif dan efisien sehingga tidak akan merugikan salah satu pihak baik pihak pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

Riset pasar perumahan sangat penting untuk mengetahui keinginan dan kemampuan masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggalnya. Riset bidang perumahan dapat memperkuat sektor properti sehingga dapat memainkan perannya secara optimal untuk meningkatkan pembangunan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. tantangan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di sector perumahan kedepan cukup kompleks dan membutuhkan resources yang banyak untuk menjawabnya. Oleh karena itu, riset sangat relevan dalam rangka sharing pengalaman dan pengetahuan untuk bersinergi sehingga kita dapat menghasilkan suatu jawaban yang tepat untuk menjawab tantangan yang pada akhirnya dapat secara optimal dirumuskan dalam strategi kebijakan bidang perumahan.

Riset pasar perumahan juga menjadi pokok perhatian pemerintah. Pasar perumahan sendiri ada tiga segmen yaitu kelas atas, menengah dan bawah. Yang menjadi pokok perhatian pemerintah terutama pasar rumah MBR tidak semata – mata ditentukan oleh mekanisme pasar. Ada perbedaan penetapan harga rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah sehingga mereka akan terbantu untuk memiliki rumah yang mereka dambakan selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E