Persaingan Android vs iOS

Perangkat mobile, iOS dan Android adalah dua produk seteru abadi yang sampai sekarang masih diperdebatkan. Sebenarnya untuk pasar mobile, ada dua nama besar lainnya yang patut diperhitungkan yaitu, Windows Phone dan BlackBerry. Namun torehan pasar dari kedua OS tersebut masih jauh bila dibandingkan dengan iPhone dan Android.

iOS atau iPhone OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple hanya untuk hardware Apple. Ini adalah sistem operasi utama yang digunakan di perangkat Apple termasuk iPhone, iPad, dan iPod Touch. Hal ini dirilis pada 29 Juni 2007 untuk iPhone saja dan kemudian telah diperpanjang untuk iPod Touch, iPad, iPad Mini, Apple TV, dll Saat ini ada lebih dari 1,4 juta aplikasi iOS di Apple App Store setengah dari yang untuk iPad . OS ini bersifat non-komersial yang berarti, OS tersebut tidak dapat di-install pada perangkat keras non-Apple.

Kontribusi iOS di unit sistem operasi mobile smartphone di 21%. Antarmuka pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung, menggunakan multi-touch gestures. Elemen kontrol antarmuka iOS mengandung slider, switch, dan tombol. Interaksi termasuk gerakan seperti menggesek, tekan, mencubit, dan mencubit balik, semuanya memiliki definisi khusus dalam konteks iOS dan antarmuka multi-sentuh.

Android adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google dan didasarkan pada kernel Linux. Ini ditulis dalam C (inti), C ++ dan java (UI) dan awalnya dirilis pada 23 September 2008. Hal ini dirancang untuk perangkat mobile touchscreen seperti smartphone, komputer tablet, TV, mobil dan perangkat dpt dipakai. dengan dukungan keuangan dari Google dan kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. OS ini dirilis secara resmi pada tahun 2007 dan perangkat kerasnya dijual pertama kali pada Oktober 2008.

OS Android menggunakan input sentuhan yang berhubungan dengan tindakan nyata seperti menggesekkan dunia, menekan, mencubit, dan reverse mencubit untuk memanipulasi objek di layar, dan keyboard virtual. Meskipun itu terutama dirancang untuk input touchscreen tapi sekarang sedang digunakan dalam game konsol, kamera digital, PC biasa, dan banyak perangkat elektronik lainnya. Sekarang, ia memiliki dasar terinstal terbesar dari semua sistem operasi. [Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa 71% dari aplikasi pengembang mobile membuat aplikasi untuk Android sementara survei terbaru yang dilakukan pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa 40% dari full-time pengembang profesional melihat Android sebagai ‘prioritas’ platform target.

iPhone sebenarnya bersifat lebih ekslusif sementara Android lebih seperti proyek keroyokan antar vendor. Banyak ponsel Android yang dibuat oleh perusahaan teknologi ternama seperti, Samsung, HTC, Google hingga Sony. Sedangkan iPhone hanya dibuat oleh Apple. Wajar saja bila Android selalu hadir dengan banyak fitur serta teknologi terbaru. Terlebih sekarang, setelah iPhone sampai pada seri ketujuh, banyak penggunanya yang merasa kecewa. Tidak ada perubahan yang terlalu signifikan terjadi, malah menurut beberapa pengguna, fitur jack untuk headphone di iPhone yang dihilangkan, membuat rugi mereka.

Berdasarkan data teranyar yang dilansir dari IDC, sangat terlihat jelas bahwa Android masih jauh lebih adidaya atas iOS atau iPhone untuk urusan penjualan. Setidaknya Android menguasai lebih dari 86 persen pasar smartphone. Sementara iPhone atau smartphone berbasis sistem iOS hanya menggapai angka 12 persen pada tahun 2016 lalu. Tentunya hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, terutama masalah harga smartphone android yang beragam dengan berbagai segmen atau kelas pasar yang berbeda, sementara iPhone ditargetkan untuk kalangan menengah ke atas. Bukan hanya itu, produsen smartphone Android juga lebih banyak sementara produsen smartphone iOS alias iPhone hanya ada satu yaitu, Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E