Nagini dalam budaya indonesia

Dalam sekuel baru film lanjutan the harry potter yang akan keluar filmnya November mendatang, ad aartis korez yang akan memainkan peran sebagai nagini. Nagini sendiri adalah mausia yang bisa merubah wujudnya menjadi ular. Dalam akun twiternya J.K rowling mengatakan bahwa nama nagini terinspirasi dari nama hewan mitologi Indonesia yaitu naga.

Di dalam mitologi jawa ada nama yang mirip dengan nagini yaitu nagagini. Dr darmoko seorang dosen program studi jawa, fakultas ilmu budaya dari universitas Indonesia mengatakan , bahwa nagagini merupakan seorang dewi ular. Dia adalah putri dari seorang dewa ular bernama hyang antaboga yang tinggal dilapisan bumi ke tjuh atau disebut juga sapta pratala. Dikisahlkan bahwa hyang antaboga dapat menyelamatkan pandawa – pandawa di sebuah pesta di dalam hutan dengan cara dia membuat terowongan dari kahyangan saptapratala hingga balai sigalagala dengan menggunakan trik menyamar sebagai luwak berwarna putih. Setelah pandawa – pandawa sampai ke kahyangan sapta pratala nagini dan bima pun saling jatuh cinta yang kemudia mereka dinikahkan oleh hyang antaboga selaku ayah dari nagagini. Perkawinan antara nagagini dan bima pun dikaruniai seorang anak bernama antareja.

Nagagini dalam kisah perwayangan dilihatkan sebagai manusia biasa yang memiliki wajah yang cantic. Tetapi karena dia memiliki darah keturunan ular dari ayahnya, dalam beberapa kondisi nagagini dapat merubah wujudnya menjadi seekor ular yang sangat menyeramkan, seperti saat dalam kondisi penuh amarah nagagini tidak bisa mengontrol dirinya dan akan berubah seketika menjadi seekor ular yang menyeramkan.

Nagagini sendiri memiliki sifat yang setia dan menurut pada suaminya bima, ia adalah dewi atau anak dewa yang memiliki paras yang sangat cantik fisik maupun hatinya,dia hanya berubah menjadi ula apabila dalam kondisi penuh amarah dan nafsu.

Menurut darmoko JK rowling belum menguasai mitologi Indonesia tentang nagini yang sebenarnya. Apabila nagini terispirasi dari nagagini seharunya karakter yang di bentuk oleh nagini harus menyerupai kisah aslinya dimana nagagini adalah sosok yang feminism secara gender dengan memiliki karakter yang utuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E