Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin

Bitcoin, apakah anda sudah familiar dengan istilah tersebut? lantas apa itu bitcoin? Untuk mengetahui sedikit informasi mengenai bitcoin, terlebih lagi tentang kelebihan dan kekurangannya, berikut ini telah saya buatkan artikel khusus untuk membahas hal tersebut. semakin penasaran bukan? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu bitcoin?

Pengertian paling simple dari bitcoin adalah mata uang virtual, yang artinya hanya ada secara virtual di internet saja. atau bisa juga sebagai mata uang virtual dalam bentuk digital. Karena memang kita tidak bisa melihatnya secara fisik layaknya mata uang pada umumnya.

Bitcoin sama sekali tidak diatur oleh pemerintah atau lembaga keuangan manapun. Namun, fungsinya tidak jauh berbea seperti uang biasa yaitu sebagai alat pembayaran. Bitcoin sendiri bisa ditukarkan menjadi uang resmi yang biasa ada didompet kita.

Dalam sejarahnya, bitcoin sebenarnya merupakan terjemahan dari konsep yang dicetuskan oleh Wei Dai yang diberi nama “Cryptocurrency” pada tahun 1998. Konsep “cryptocurrency” sendiri memiliki sebuah aturan berupa penekanan pada sistem kendali yang mengatur penciptan serta transaksinya, algoritma dalam konsep tersebut dibuat supaya hanya pemilik bitcoin lah yang bisa memanfaatkan uang virtual tersebut.

Pada tahun 2009, Satoshi Nakamoto menjadi pihak pertama yang mengeluarkan atau menerbitkan mata uang bitcoin dan hingga sampai saat ini bitcoin terus mengalami perkembangan bahkan sudah ada komunitasnya.

Kelebihan bitcoin

Setelah anda mengenal sedikit informasi mengenai apa itu bitcoin, mungkin anda semakin penasaran seperti apa sih kelebihannya kok banyak orang yang mengumpulkan uang virtual tersebut. nah, berikut ini beberapa kelebihannya.

  • Biaya transfer sangatlah kecil, bahkan bisa 0.
  • Bersifat netral dan juga transparan, selain itu anda juga bisa secara bebas melihat serta memverifikasi secara real time pasokan dan ketersediaan rantai blok bitcoin.
  • Tidak ada batas, bitcoin dapat dikirimkan dimana dan kemana saja serta kapan saja.
  • Resiko yang sangat kecil, lebih aman dan tidak memerlukan informasi pribadi yang bersifat rahasia.

Kekurangan bitcoin

Namanya buatan manusia tentu saja tidak ada yang sempurna bukan? Nah bitcoin pun demikian, masih memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan seperti :

  • Perusahaan yang menerima bitcoin sebagai media pembayaran masih sangat sedikit
  • Masih banyak pihak yang menolak bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah dan resmi
  • Aplikasi bitcoin masih versi beta, sehingga fiturnya belum bisa dipergunakan secara optimal.

Demikianlah sedikit informasi mengenai apa itu bitcoin dan kelebihan serta kelemahan bitcoin. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E