Menelusuri Wisata Sejarah Istana Maimun

Berkunjung ke tempat wisata tak selalu mengenai bersenang-senang dan bermain sepuasnya, namun anda bisa mendapatkan banyak ilmu tambahan melalui objek wisata yang anda kunjungi. Indonesia sendiri memiliki banyak objek wisata bersejarah yang tak kalah bagusnya dari objek wisata lainnya. Salah satunya ada di Medan. Tidak hanya terkenal duriannya saja, namun medan juga terkenal dengan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, kuliner hingga wisata sejarah sehingga banyak wisatawan yang berlomba-lomba mendapatkan tiket pesawat promo untuk berlibur ke sana.

Berbicara mengenai wisata sejarah, salah satu tempat yang harus dikunjungi ketika berada di medan adalah Istana Maimum. Istana Maimun ini menjadi salah satu ikon Kota Medan, Sumatera Utara. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai istana Maimun.

wisata sejarah
Wisata Sejarah

Bangunan Wisata Istana Maimun

Istana Maimun sendiri sebenarnya adalah Istana dari Kesultanan deli yang berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kel. Sukaraja, Kec. Medan Maimun. Bangunan ini didesain langsung oleh arsitek asal Italia  dan dibangun pada masa Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid. Bangunan ini mulai dibangun pada 26 Agustus 1888 – 18 Mei 1891.  Luas istana ini mencapai 2.772 m2 dengan memiliki 30 ruangan di dalamnya. Istana ini terdiri dari 2 lantai dengan 3 bagian bangunan yaitu bangunan induk, bangunan sayap kanan dan bangunan sayap kiri.

Bukan karena usianya yang sudah cukup tua, bangunan ini banyak dikunjungi karena desain interiornya yang cukup unik karena memadupadankan gaya Melayu, Islam, India, Italia, dan Spanyol. Sehingga memberikan pemandangan yang menarik dan juga sangat cantik.

Namun sayangnya, bangunan ini tampaknya tak terurus dengan baik. Jika waktu menjelang sore hari, anda bisa menemukan banyak anak anak kecil yang bermain sepak bola di halaman dari Istana Maimun ini.

Wisata Edukasi Sejarah

Meskipun bangunan Istana Maimun ini termasuk sangat tua, namun istana ini masih tetap berdiri kokoh. Walaupun harus mengalami beberapa kali renovasi, namun kemegahan bangunan ini tetap sangat terasa. Saat ini Istana Maimun memang tidak dipergunakan sebagai Istana lagi, namun dialihfungsikan sebagai Museum. Di dalamnya anda bisa melihat berbagai koleksi menarik peninggalan dari Kesultanan Deli. Mulai dari senjata kerajaan, perabotan, dan berbagai peninggalan dari Kesultanan lainnya.

Meskipun telah dialihfungsikan sebagai Museum, namun bangunan ini masih tetap digunakan untuk keturunan keturunan Sultan Deli. Mereka masih menghuni di bagian sayap kanan Istana Maimun ini. Selain itu, Istana ini juga sering digunakan untuk melangsungkan berbagai macam upacara adat yang ada di Kota Medan.

Tarif Masuk Ke Istana Maimun

Istana Maimun juga sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin berlibur murah meriah namun tetap menyenangkan. Bagi pengunjung yang datang, anda hanya dikenakan biaya retribusi sekitar 5000 rupiah saja untuk setiap orangnya. Tak hanya dapat menikmati keindahan dari Istana Maimun ini, anda juga bisa menyaksikan pertunjukan Tradisional Musik Melayu secara live pada waktu waktu tertentu.

Anda juga bisa mencoba untuk memakai baju ala Bangsawan Melayu yang disediakan oleh pihak pengelola Museum. Untuk tarifnya  menyewa baju adat untuk berfoto foto mulai dari 15 ribu hingga 30 ribu rupiah saja? Cukup murah bukan.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Istana ini, tak perlu khawatir dengan rute perjalanan menuju tempat ini. Aksesnya sangat mudah dijangkau dan tidak membingungkan. Lokasi wisata ini sangat dekat dengan Masjid Raya Medan. Sehingga bagi anda yang sedang berkunjung ke Masjid Raya Medan, tidak ada salahnya anda mampir ke Istana Maimun.

Nah itu tadi penjelasan mengenai wisata sejarah Istana Maimun yang ada di Kota Medan. Wisata ini sangat cocok untuk dijadikan liburan bersama keluarga sekaligus menambah edukasi bagi anak anak anda. Tunggu apa lagi, cari tiket pesawat murah tujuan medan sekarang juga. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E