Komet oumuamua

Oumuamua adalah sejenis asteroid antarbintang pertama yang dating mengunjungi tata surya yangditemukan pada 18 oktober 2017 di hawai, dilihat menggunaka teleskop Pan-STARRS 1. Oumuamua merupakan benda seperti batu metalik berwarna merah tua yang katanya panjangnya mecapai 400 meter, oumuamua ini tidak seperti asteroid lan yang biasa ditemukan di tata surya. Bentuk asteroid oumuamua ini memanjang pipih bahkan pada awalnya sempat dikira sebagai piringan pesawat alien, oumuamua ini bergerak dengan sangat cepat dan akan bertambah cepat apabila geraknya menjauhi matahari. Para astronomy mencari rumah dari oumuamua ini berhasal pada akhirnya astronomy dari jerman yang berasal dari max planck institute for astronomy mampu memperkecil perkiraan dimana rumah asal dari oumuamua ini menjadi empat kandidat saja.

Para astronom melakukan analisis data dari beberapa satelit salah satunya satelit gaia yang dimiliki badan astronomi di eropa. Oumuamua memiliki perlintasan yang unik melewati bintang-bintang dan planet. Gaia merupaka mesin waktu yang sangat bagus untuk penelitian semacam ini karena tidak hanya menyediakan posisi bintang saja tapi juga pergerakan mereka.

Ciri dari oumuamua ini ada dua, yaitu orbit dari oumuamua sempat melewati denganya, dan kecepatan dari oumuamua ini lambat dengan bintang asalnya karena obyek tidak dikeluarkan di system asalnya pada kecepatan yang tinggi.

Yang merupakan kandidat yang paling dekat dengan oumuamua adalah HIP3757 yang merupakan planet kerdil yang memiliki warna merah. Jarak antara planet ini dengan oumuamua adalah 1,96 tahun cahaya. Hanya saja kecepatan dari HIP3757 ini mencapai 25 kilometer per detik yang memiliki kemungkinan sebagai bintang yang terbentuk dari oumuamua.

Yang kedua adalah HD 292249 yang memiliki bentuk seperti matahari hanya saja kecepatannya lebih lambat dari yang sebelumnya yaitu sekitar 10 kilometer per detik, bintang ini lebih dekat dengan orbit oumuamua.

Kedua bintang ini bertemu dengan oumuamua sekitar 3,8 juta tahun yang lalu dan 2 bintang kandidat lainnya yang betermu dengan oumuamua sekitar 1,1 juta tahun yang lalu dan 6,3 juta tahun yang lalu dengan kecepatan dan jarak yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E