Ketahui Perkembangan Bayi Pada Umur 3 Bulan

Mempunyai seorang bayi pada suatu keluarga tentu semakin menambah tingkat kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga. Apalagi bagi mereka pasangan suami istri yang baru menjalani peran sebagai seorang orang tua. Sesudah 40 minggu kurang lebih mengandung seorang bayi dengan bermacam-macam proses tumbuh dan proses kembang janin, akhirnya waktunya tiba bagi si bayi keluar. Bayi yang sudah keluar akan mengenali si ibu dan juga anggota keluarga yang lainnya melalui berbagai sentuhan, pandangan mata dan juga dari suara. Walaupun bayi bisa mengenali ibu dari bayi tersebut beberapa hari semenjak dia lahir, tetapi semua alat indera si bayi tersebut baru bisa berfungsi sempurna ketika usia si bayi 3 bulan.

Pada saat itulah si bayi mulai bisa mengangkat serta menegakkan kepala yang sejajar dengan posisi tubuhnya serta kedua tangan yang digunakan sebagai penopang. Hal tersebut dikarenakan otot kepala dan lehernya sudah bisa tumbuh kuat, serta mereka sudah dapat menahan berat atau bobot badan pada bagian perut ketika tengkurap.

Tentunya bukan hanya itu, ada masih banyak proses pertumbuhan si bayi ketika sudah mencapai umur 3 bulan lainnya. Proses tumbuh kembang tersebut mulai dari proses pertumbuhan secara motorik, fisik, sampai pertumbuhan sensoriknya. Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja yang menjadi aspek proses tumbuh kembang si bayi ketika sudah mencapai umur 3 bulan, simak ulasan berikut ini.

  1. Menggerakkan Tangan Dan Kaki

Aspek proses tumbuh kembang si bayi ketika sudah mencapai umur 3 bulan yang pertama yaitu bisa menegakkan kepala. Ketika si bayi sudah mencapai usia 3 bulan, maka si bayi akan mulai dapat menggerakkan anggota badan bayi tersebut, anggota badan yang dimaksud yaitu seperti dua tangan serta dua kakinya. Biasanya pada proses tumbuh kembang si bayi ketika sudah mencapai umur 3 bulan satu ini, si bayi berusaha meraih berbagai benda yang terdapat di depannya.

Sebagai contoh, biasanya si bayi akan tertarik untuk mengambil mainan. Untuk dapat melatih si bayi, Anda dapat duduk di hadapan si bayi yang saat itu sedang tengkurap sembari membawa mainan aman bayi yang bisa menarik perhatiannya. Lalu setelah itu, Anda bisa mencoba untuk mengulurkan mainan bayi tersebut lalu lihat apakah si bayi berusaha untuk meraih mainan tersebut atau tidak.

  1. Menendang Serta Meluruskan Kedua Kaki

Selanjutnya ada proses tumbuh kembang si bayi ketika sudah mencapai umur 3 bulan yang lebih bersifat fisik. Si bayi akan mulai bisa menendang dan juga meluruskan kaki mereka. Pada umur yang mencapai 3 bulan ini, perkembangan otot tubuh bayi pada bagian bawah akan semakin kuat. Dengan proses tumbuh kembang si bayi ketika sudah mencapai umur 3 bulan satu ini, maka bisa membuat si bayi mampu melakukan berbagai gerakan tendangan serta meluruskan kakinya ketika sedang tengkurap ataupun telentang.

  1. Membuka Serta Menutup Telapak

Untuk proses tumbuh kembang si bayi ketika sudah mencapai umur 3 bulan selanjutnya yaitu menutup dan membuka telapak tangan. Apalagi ketika si bayi tertarik saat melihat mainan ataupun benda yang menarik di dekatnya, si bayi akan meraih lalu mencoba menggenggam benda tersebut. Hal tersebut juga dikarenakan kedua mata serta tangannya sudah dapat berkoordinasi dengan cukup baik. Untuk melatih proses tumbuh kembang satu ini, Anda dapat menaruh suatu mainan di bagian telapak tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E