Inilah Beberapa Petunjuk Mengendarai Mobil Matic Yang Harus Diketahui Para Pemula

Seperti yang di lansir dari berita otomotif Nasional, pasar mobil di Indonesia saat ini di dominasi oleh mobil-mobil matic dengan transmisi otomatis. Hal itu pun terbukti, dimana ada banyak sekali mobil-mobil matic keluaran terbaru pada setiap tahunnya. Ya, sama halnya dengan motor matic, mobil matic ini juga kita tidak perlu direpotkan dengan perpindahan gigi dalam mengendarainya. Dengan demikian, maka tidak heran jika sebagian besar konsumen di Indonesia lebih menyukai mobil matic daripada mobil manual. Meski bisa dikatakan cukup mudah, namun bukan berarti juga bahwa para pemula bisa seenaknya dalam mengendarai mobil matic tersebut. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang petunjuk mengendarai mobil matic, mari kita sama-sama simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Posisikan Tuas Dalam Keadaan Netral

Petunjuk pertama yang harus anda pahami dalam mengendarai mobil matic, yaitu pastikan dulu bahwa tuasnya dalam keadaan netral. Mengapa harus demikian? Soalnya, jika tuas tersebut tidak dalam keadaan netral, maka anda tidak akan bisa menghidupkan mesinnya. Oleh karena itu, anda harus memposisikan tuasnya dalam keadaan netral.

  1. Panaskan Sekitar 10 – 15 Menit

Apabila anda sudah berhasil menghidupkan mesin mobilnya, maka diamkan mobil tersebut kurang lebih sekitar 10 – 15 menitan. Pasalnya, hal ini dikarenakan percepatan dalam pemindahan yang secara otomatis belum dapat bekerja secara maksimal. Pada intinya, langkah ini bertujuan untuk menstabilkan suhu mesinnya agar dapat bekerja secara optimal.

  1. Tekan Pedal Rem Saat Menggeser Tuas

Ketika akan menggeser tuas atau menjalankan mobilnya, di sini anda harus dibarengi dengan menekan pedal remnya. Di samping itu, anda juga harus tetap menekan pedal rem ketika hendak menggeser tuas dari P ke R. Soalnya, hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan pada bagian mesin.

  1. Perhatikan Bagian Tuasnya

Saat anda ingin mengendarai mobil matic dalam kondisi normal, maka pastikan dulu bahwa tuasnya sudah dalam posisi D (Drive) yang berfungsi untuk melaju, sedangkan tuas yang berhuruf R berfungsi untuk memundurkan mobilnya. Kondisi jalanan itu sendiri tidak hanya dengan track yang lurus saja, melainkan ada juga yang menanjak, menurun, dan medan ekstrim lainnya. Menurut informasi yang di dapat, disini anda membutuhkan sistem pengereman (engine break), serta perlu menggeserkan tuas pada posisi ke 2. Khusus untuk medan yang menanjak dan menurun, sangat disarankan bagi anda untuk menggeser tuasnya ke posisi 1.

  1. Pemilihan Mode

Petunjuk berikutnya yang harus anda pahami dalam mengendari mobil matic, yakni memilih mode untuk pengoperasian yang ekonomis. Jika dalam mode power, maka kemungkinan besar bahwa perpindahan kecepatan yang otomatis akan lebih lambat, sehingga mobil dapat berakselerasi.

  1. Melakukan Akselerasi

Agar mobilnya mampu berakselerasi dengan optimal, anda harus menekan tombol yang berhuruf OD atau menggeser tuasnya ke posisi 3. Dalam kecepatan 60 – 80 km/jam, anda harus menggunakan tuas yang ke 3 saat berada di medan yang menanjak tinggi maupun medan yang ekstrim.

Itulah beberapa petunjuk tentang cara mengendarai mobil matic yang harus diketahui oleh para pemula. Dengan mengikuti beberapa petunjuk tersebut, maka anda dapat mengendarainya dengan aman dan nyaman. Di samping itu, anda juga jangan sampai lupa untuk selalu mentaati peraturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E