Inilah Beberapa Buah yang Bisa Digunakan Sebagai MPASI Anak

Makanan terbaik untuk bayi adalah ASI yang dimiliki secara alami pada ibu. ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir hingga balita. Namun ketika bayi menginjak usia 6 bulan, pemberian ASI saja tidak cukup karena kebutuhan nutrisi bayi yang semakin banyak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Karenanya pada usia 6 bulan, bayi diperkenalkan pada MPASI yaitu makanan pendamping ASI untuk menambah asupan gizi dan kalorinya. Meski begitu, sistem pencernaan bayi termasuk gigi di usia 6 bulan belumlah sempurna. orang tua harus lebih selektif untuk memilihkan olahan mpasi untuk bayi agar bermanfaat namun tetap mudah dicerna.

Secara turun temurun, resep MPASI diturunkan dari ibu ke putrinya sebagai menu klasik dalam memberikan bayi asupan makanan di tahap awal pertumbuhannya. Dari sekian banyak menu klasik yang ada, bubur buah merupakan salah satu yang memiliki kandungan nutrisi terutama vitamin lengkap untuk bayi. Buah-buah apa saja yang sebaiknya dijadikan bubur dan dikonsumsi oleh bayi Anda agar mendapatkan asupan vitamin yang dibutuhkan? Berikut ini adalah beberapa buah yang dianjurkan:

  1. Pisang.
    Buah pisang merupakan menu mpasi sehat untuk bayi yang sudah sejak lama digunakan orang tua sebagai makanan pendamping. Selain mengenyangkan karena memiliki kandungan kalori dan karbohidrat tinggi, pisang juga kaya akan kalsium yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya.
  1. Avocado.
    Avocado atau alpukat juga merupakan pilihan tepat untuk bahan membuat bubur buah. Alpukat juga memiliki kalori tinggi untuk sumber tenaga bayi dalam bermain. Selain itu alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan zat anti oksidan sehingga bisa menjadi nutrisi penting bagi bayi agar tetap sehat.
  1. Pepaya.
    Buah lain yang tak kalah bermanfaat yaitu pepaya yang mengandung banyak enzim papain yang baik untuk sistem pencernaan.

Itulah beberapa buah yang bisa dijadikan menu untuk bayi berusia 6 bulan atau lebih. Akan tetapi jangan selalu menggunakan buah sebagai makanan tanpa diselingi bahan makanan lainnya. gunakan buah sebagai salah satu menu dalam satu hari dengan jenis makanan lain misalnya bubur tim, bubur kacang hijau dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E