Ini Dia Langkah Langkah Mudah Membersihkan Mesin Mobil

Yang harus diperhatikan dari kebersihan mobil tidak hanya pada bagian eksterior ataupun interiornya saja, karena kebersihan mesin juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya mesin mobil ini merupakan pusat kinerja dari sebuah mobil sehingga dibutuhkannya perhatian yang khusus. Akan sangat membahayakan pada saat dikendarai ketika mesin mobil kotor dan pastinya akan beresiko karatan. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab mesin mobil kotor seperti tetesan oil, panas mesin, dan yang lainnya. Oleh karena itu, kita akan membahas cara membersihkan mesin mobil pada artikel kali ini.

Ada banyak hal yang mengharuskan untuk selalu menjaga kebersihan mesin mobil diantaranya yaitu:

  1. Dapat mencegah terhambatnya pelepasan panas.
  2. Dapat mencegah terjadinya resiko kehausan pada bagian bagian komponen mesin yang terbuka.
  3. Dapat meringankan kerja kipas pada radiator mesin dan juga pendingin udara.
  4. Dapat menjaga kondisi konektor listrik supaya tetap dapat bekerja dengan baik.

Menjaga kebersihan mesin mobil ini memang sangat penting karena erat kaitannya didalam menjaga perfoma mesin mobil. Lalu bagaimana cara membersihkan mesin mobil yang benar? Berikut langkah langkah mudah membersihkan mesin mobil diantaranya yaitu :

  1. Langkah pertamanya adalah dengan membersihkan bagian mesin yang mudah dulu seperti bagian bawah kap mobil. Bagian tersebut dengan air menggunakan semprotan yang tidak bertekanan tinggi. Untuk membersihkan bagian bawah kap itu kita hanya membutuhkan sabun colek saja atau krim. Fungsi dari penggunaan sabun colek ini adalah dapat melarutkan kotoran yang melekat dan bercampur dengan oli mesin. Sabun colek itu digosokkan dengan menggunakan sikat yang agak kasar. Kemudian bilas dengan air bersih hingga bersih. Yang perlu diperhatikan pada saat mencuci ini adalah jangan sampai sabun mengering dengan sendirinya karena akan dapat meninggalkan bekas pada mesin mobil. Sebaiknya dikeringkan dengan menggunakan kain sehingga air tidak akan menetes pada mesin mobil.
  2. Dilangkah yang kedua ini adalah mencuci ruang mesin mobil dengan cara terlebih dahulu menyempotkan air pada ruang mesin dan tidak menggunakan tekanan air yang tinggi. Cukup dengan menggunakan selang yang biasa atau atau botol spray.
  3. Pada langkah yang ketiga adalah dengan mulai membersihkan bagian belakang mesin yang kemudian dilanjutkan hingga kebagian depan mesin mobil. Untuk membersihkan bagian dalam mesin ini kita cukup dengan menggunakan spon atau kuas dengan pembersih.
  4. Dilangkah yang keempat adalah proses pencucian bagian radiator mesin dan AC yang mungkin prosesnya itu akan sedikit susah. Terlebih dahulu buka grill bagian depannya tetapi harus dilakukan dengan hati hati karena sistem pengikatnya sangat rawan untuk patah.
  5. Didalam langkah yang kelima ini kita bisa menggunakan engine degreaser. Cobalah untuk menyemprotkannya pada bagian mesin yang terkena noda kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu untuk menyapukannya ke seluruh bagian mesin mobil maka kita dapat menggunakan kuas.
  6. Untuk menghilangkan kerak oli yang susah dihilangkan pada bagian mesin maka kita dapat dengan menggunakan pembersih khusus yang dijual dipasaran.
  7. Kita dapat menggunakan kuas kecil untuk membersihkan dengan sempurna bagian mesin yang kecil dan rumit.
  8. Dan yang terakhir adalah proses pembilasan dengan menggunakan spray atau selang air dengan tekanan yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan menyebarnya air ke bagian bagian yang lainnya. Kemudian lap mesin mobil dengan menggunakan sedikit tekanan pada bagian mesin yang terkena noda.

Itulah langkah langkah mudah membersihkan mesin mobil. Yang perlu diingat adalah membersihkan mesin mobil ini berbeda dengan mencuci bagian mobil yang lainnya dan bahkan akan berbedanya pembersih yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E