Hidangan Sate Lezat Khas Jogja

Sate merupakan salah satu hidangan makanan kuliner yang enak khas dari Indonesia, bahkan sate terkenal sampai luar negeri. Banyak turis yang mencoba menikmati hidangan makanan kuliner yang enak khas dari Indonesia ini. Dalam bahasa Inggris, sate adalah ‘satay’, rasa dari hidangan kuliner sate ini tentunya sangat lezat. Ada dua jenis sate pada umumnya yaitu sate dari bahan daging ayam dan sate dari bahan daging kambing. Kedua jenis sate tersebut tentunya sangat berbeda tekstur, kekenyalan, dan rasanya. Bumbu pada kedua jenis sate tersebut juga berbeda. Untuk hidangan sate ayam, bumbu yang digunakan adalah bumbu kacang sedangkan untuk hidangan sate kambing, bumbu yang digunakan adalah bumbu kecap.

Bagi para pecinta sate, tentunya akan suka dengan kedua jenis hidangan makanan kuliner yang enak khas Indonesia tersebut. Tetapi biasanya terdapat orang yang tidak suka daging kambing karena bau ‘prengus’. Memang hidangan makanan kuliner yang enak khas Indonesia sate ini sudah sangat menyebar di Indonesia. Tetapi selain sate madura, ada sate-sate lainnya termasuk sate yang berasal dari daerah istimewa Yogyakarta. Jogja itu sendiri merupakan salah satu kota yang memiliki banyak koleksi kuliner yang lezat. Salah hidangan makanan kuliner yang enak khas dari Jogjakarta yaitu seperti sate klathak dan sate-sate Jogja lainnya, berikut ini ulasannya.

Sate Klathak dari Pak Pong

Walaupun banyak tempat yang bisa dituju untuk menikmati sate klathak, sate klathak dari Pak Pong merupakan tempat wisata hidangan kuliner sate di Jogjakarta yang patut dicoba. Bagi Anda pecinta sate kambing, akan cocok sekali jika Anda mengunjungi tempat kuliner ini. Ada sajian spesial dari warung sate Pak Pong ini yang tidak akan ditemukan di tempat yang lainnya. Cita rasa dari hidangan makanan kuliner yang enak khas dari Jogjakarta sate klathak ini tentunya sangat nikmat dan juga rasanya khas.

Dari cita rasa yang khas dan lezat pada hidangan makanan kuliner yang enak khas dari Jogjakarta ini didapatkan karena bumbu lezat sederhana yang dipakai. Bahan dasar bumbu kuliner makanan Sate Klathak ini hanya dengan menggunakan garam, kecap dan merica. Tetapi dengan memakai tiga bahan yang minimalis tersebut yang dapat membuat hidangan makanan kuliner yang enak khas dari Jogjakarta sate klathak ini mempunyai cita rasa yang sangat khas.

Disamping bumbu, alat masak yang dipakai juga berbeda. Kalau biasanya daging ayam/ daging kambing dibakar dengan memakai tusuk yang dibuat dari bambu, untuk sate klathak ini memakai tusuk jeruji besi dari sepeda. Dengan pemakaian jeruji besi tersebut dirasa mampu membuat kematangan daging semakin merata. Disamping itu, hal tersebut juga terbukti bisa ramah lingkungan dikarenakan jeruji besi tersebut dapat dipakai berkali-kali. Tidak seperti pemakaian tusuk sate bambu yang dapat hanya sekali dipakai. Tentunya masih ada beberapa hidangan makanan kuliner yang enak khas dari Jogjakarta berupa sate lainnya.

Hidangan sate khas Jogja tersebut yaitu seperti sate buntel dari tambak segaran yang menggunakan cacahan daging yang dibuntel dengan memakai lemak kambing. Ada juga hidangan makanan kuliner yang enak khas dari Jogjakarta berupa sate lain seperti sate kambing dari mbah margo. Sekian saja artikel mengenai hidangan makanan kuliner yang enak khas dari Jogjakarta sate Klathak ini. Semoga dengan ulasan kali ini, bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E