Hal yang Perlu Anda Tahu Mengenai Bank Syariah

Di era saat ini, perkembangan bank syariah di Indonesia semakin mengalami peningkatan dari waktu ke waktu itu disertai juga dengan semakin meningkatnya populasi umat beragama Islam yang mempercayakan untuk menabung di bank-bank syariah. Meski pangsa pasarnya telah tembus di angka 5%, perbankan syariah masih terus berusaha untuk meningkatkan pangsa lagi ke depannya. Dengan itu, mereka berharap semakin banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya perbankan syariah. Selain hanya untuk menabung dana untuk berbagai kebutuhan, bank syariah juga mempunyai layanan tabungan umroh yang memudahkan umat Islam dalam mengumpulkan uang untuk pergi ke tanah suci. Selain tabungan umroh tersebut, masih ada beberapa kelebihan dari bank syariah.

Kelebihan bank syariah yang pertama yaitu pada kuatnya ikatan emosional dan keagamaan antara lembaga keuangan dan nasabahnya, dan dari ikatan emosional ini dapat dikembangkan kebersamaan dalam menghadapi resiko usaha dan membagi hasil keuntungan secara jujur dan adil. Pembagian hasil keuntungan ini adalah pengganti dari bunga bank. Sebab tidak ada suku bunga bank syariah karena yang diberlakukan adalah sistem bagi hasil.

Kelebihan yang kedua, karena adanya ikatan secara keagamaan tersebut, maka semua pihak yang terikat dalam bank syariah akan berusaha dengan sebaik-baiknya berbekal pengalaman dan ajaran agama yang mereka tahu sehingga berapa pun hasil yang diperoleh diyakini akan membawa berkah.

Ketiga, adanya fasilitas pembiayaan mudharabah dan musyarakah yang tidak membebani nasabah sejak awal dengan kewajiban membayar biaya secara tetap. Hal ini tentunya memberikan kelonggaran secara psikologis yang dibutuhkan nasabah untuk dapat berusaha dengan tenang.

Kelebihan lainnya, dengan adanya sistem bagi hasil dan tiadanya sistem bunga, dapat menjadikan bank syariah lebih mandiri dari pengaruh gejolak moneter baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Selain kelebihan di atas, bank syariah juga memiliki tabungan rencana syariah. Salah satu bank yang memiliki layanan ini adalah Bank Syariah Bukopin. Layanan ini adalah jenis tabungan yang kompetitif guna memenuhi kebutuhan di masa depan, sekaligus memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E