Beberapa Perawatan Rumahan Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Terjadinya hidung tersumbat merupakan salah satu hal yang paling dibenci setiap orang selain kepala pusing dan demam. Pasalnya kamu menjadi tidak leluasa untuk bernapas. Terlebih lagi terjadinya hidung tersumbat ini sering disertai dengan bersin yang tidak kunjung berhenti hingga menjadi berairnya mata. Pastinya mengalami hidung tersumbat ini akan sangat menyiksa sekali. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ini. Kamu bisa saja mengkonsumsi obat obatan flu dan pilek untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Tetapi kamu ada alergi terhadap obat obatan tertentu sehingga tidak berani mengkonsumsi obat secara sembarangan.

Kamu tidak perlu khawatir karena adanya perawatan rumahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Berikut beberapa perawatan rumahan untuk mengatasi hidung tersumbat diantaranya yaitu :

  1. Mengompres Hidung Dengan Air Hangat

Mengompres hidung dengan menggunakan air hangat merupakan cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif dan mudah. Dengan melakukan hal ini maka akan terbukanya saluran hidung, selain itu juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada lubang hidung.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel merupakan cairan yang dapat kamu manfaatkan untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat. Pasalnya kandungan potasium dan asam asetat yang ada didalam cuka apel dapat membantu untuk menghilangkan lendir dan mencegah bakteri tumbuh.

  1. Penguapan

Selain dikompres, hidung tersumbat juga akan menjadi lega dengan penguapan.

  1. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas terlebih yang terbuat dari cabai dapat berfungsi sebagai dekongestan alami yang akan membantu menipiskan lendir dari paru paru. Selain itu juga cabai mengandung capsaicin yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada hidung.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih juga dapat melegakan hidung yang tersumbat karena bahan alami tersebut bertindak sebagai ekspektoran dan dekongestan alami. Dan tambahannya ternyata bawang putih ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Mengkonsumsi Jus Tomat

Menkonsumsi jus tomat juga merupakan pengobatan rumahan yang mudah dan dipercaya efektif dapat melegakan hidung yang tersumbat. Selain itu juga dapat mengurangi terjadinya peradangan.

  1. Menggunakan Basil

Basil ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu dapur saja, karena kamu dapat memanfaatkan bahan alami tersebut untuk melegakan hidung yang tersumbat. Pasalnya basil memiliki sifat antibakteri, anti inflamasi, dan antimikroba.

  1. Menggunakan Jahe

Jahe juga dapat dimanfaatkan untuk melegakan hidung yang tersumbat dari tumpukan lendir karena bersifat anti inflamasi. Dengan mengkonsumsi jahe juga maka akan dapat meningkatkan imunitas sehingga akan kebalnya tubuh terhadap berbagai macam serangan penyakit yang ringan.

  1. Menggunakan Daun Mint

Kandungan mentol yang ada didalam daun mint dapat mengendurkan saraf didalam lubang hidung sehingga akan menjadi lebih lancarnya pernapasan. Penggunaan daun mint ini juga dapat membantu untuk meluruhkan lendir dan juga membersihkan saluran hidung sehingga akan membuat kamu lebih mudah untuk bernapas.

  1. Menggunakan Air Saline

Air saline merupakan perawatan rumah lainnya yang dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. Pasalnya air saline ini dapat memberikan dampak secara langsung pada penipisan lendir.

Itulah 10 perawatan rumahan untuk mengatasi hidung tersumbat. Kesepuluh cara diatas merupakan cara yang mudah untuk dilakukan sehingga bisa dilakukan di rumah. Selain itu juga cara cara tersebut aman karena menggunakan bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E