6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Amsterdam

Seperti semua negara di belahan dunia apa pun, pasti berlaku aturan-aturan yang perlu diikuti oleh semua orang saat berada di dalam wilayah negara tersebut. Sebagian negara malah memberi larangan keras dan aturan ketat kepada pengunjungnya, untuk tidak melakukan hal-hal yang dianggapnya tidak baik.

Nah, informasi ini perlu diketahui Anda bila berencana mengunjungi suatu negara. Jangan sampai bertindak salah dan menimbulkan masalah serius dengan penduduk lokal, apalagi sampai kena perkara hukum, tentu ini bisa merusak liburan Anda.

tiket pesawat promo

Untuk Anda yang ingin mengunjungi Amsterdam, atau kalau Anda kebetulan mendapat tiket pesawat promo ke Belanda, Anda perlu mengingat-ingat tulisan ini. Memang boleh dibilang negara kincir angin yang satu ini punya pendekatan liberal terhadap hal-hal berbau sex dan narkoba, namun meski masyarakatnya cukup toleran, Anda jangan lantas terjebak dengan anggapan yang salah, seperti tidak adanya aturan yang berlaku di sini. Maka lihat 6 hal ini, dan pastikan Anda tidak melanggarnya di Amsterdam!

1. Tidak Boleh Memotret Wanita yang Tampak  Pada Jendela

De Wallen adalah salah satu lingkungan paling populer di Amsterdam. Di sini, terdapat Red Light Dictrict yaitu kawasan prostitusi terbuka yang selalu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Anda akan melihat setidaknya 300 buah jendela yang menampilkan aksi para penghibur seks, dipajang terbuka bak display barang toko. Anda dilarang keras mengambil gambar foto para wanita penghibur ini, dan kalau Anda sampai tertangkap basah melanggarnya, Anda akan dapat masalah serius.

2. Jangan Buang Air di Kanal

Sering ada orang mabuk dan turis-turis nakal yang buang air sembarangan di kanal, selepas minum-minum di malam hari. Jangan sampai Anda juga melakukannya, sebab Anda pasti tidak mau dicap berkelakuan buruk di negara asing.

3. Jangan Menghalangi Jalur Sepeda

Mayoritas jalur di Amsterdam berupa jalur sepeda dan pengguna jalan yang terbanyak adalah pemakai sepeda, jadi Anda perlu menghormati kenyamanan berkendara sepeda. Jangan tiba-tiba berhenti untuk foto selfie, melihat peta, atau mengambil foto pemandangan, di tengah-tengah jalur sepeda. Anda perlu tahu etika dan aturan-aturan pengguna jalan sebelum mulai berkendara di kota ini.

4. Jangan Mengendarai Mobil

Anda bisa saja memakai kendaraaan mobil jika ingin mengeksplorasi tempat-tempat di luar kota, tapi tidak demikian di Amsterdam, sebab kota ini merupakan surga pejalan kaki dan pengendara sepeda. Kalau Anda mau menjangkau tempat yang agak jauh, gunakan saja kendaraan umum atau taksi.

5. Jangan Menyalakan Rokok Ketika di Kios Kopi

Ada beberapa kios kopi yang membuat larangan merokok untuk pengunjungnya, tapi beberapa tempat lainnya menutup mata pada hal ini.  Ada juga kios yang menyediakan area untuk merokok. Namun, sebagian besar penduduk Amsterdam menerapkan anti rokok, dengan memberi kompensasi denda. Nah, lebih baik Anda pun menghormatinya dengan tidak mencoba merokok di kota ini.

6. Jangan Lewatkan Mencicipi Poffertjes

Hal lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Amsterdam adalah kesempatan menikmati camilan Poffertjes khas Belanda, sejenis makanan pancake yang terbuat dari bahan tepung, gula, lalu dihidangkan dengan butter dan tambahan toping seperti cokelat atau stroberi. Camilan ala Dutch ini sangat populer dan menjadi favorit wisatawan.

Ada banyak penawaran tiket murah untuk penerbangan ke destinasi liburan Anda, yang diberikan oleh berbagai maskapai udara maupun travel online. Untuk penerbangan pesawat dari Jakarta ke Amsterdam akan menghabiskan biaya sekitar 5 – 7 juta sekali jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E