6 Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Orang Tua Siapkan

Kelahiran seorang bayi adalah hal paling dinantikan setiap orang tua. Terutama bagi pasangan yang baru saja menikah dan mennatikan kehadiran anak pertama. Selain orang tua perlu menyiapkan proses persalinan, hal penting lain yang wajib disiapkan adalah peralatan bayi baru lahir. Enggak lucu kan kalau bayi sudah lahir tapi belum ada peralatan apapun yang orang tua siapkan. Untuk itu berikut 6 daftar peralatan bayi baru lahir yang wajib orang tua siapkan.

  1. Pakaian Bayi

Peralatan pertama yang musti orang tua siapkan adalah pakaian bayi. Sejak dalam kandungan 4-5 bulan dokter sudah dapat melihat jenis kelamin si jabang bayi nah ketika memasuki usia 8 bulan, orang tua bisa mengecek kembali untuk memastikan apa jenis kelaminnya. Saat sudah tahu jawabannya, bisa deh mulai menyiapkan beberapa pakaian yang cocok untuk calon bayi. Ya meskipun bayi masih dibedong, namun tetap saja membutuhkan baju kan?.

  1. Peralatan Mandi

Mengenai peralatan mandi setidaknya ada 9 hal yang musti orang tua siapkan. Mulai dari bak mandi, perlak untuk alas ganti pakaian, sabun mandi khusus bayi, shampoo khusus bayi, bedak bayi, tisu basah, kapas, minyak telon, handuk dengan bahan yang lembut dan mampu menyerap keringat. Oh iya jangan lupa juga siapkan gunting kuku karena kuku bayi sangat cepat panjang.

  1. Peralatan Tidur

Saat bayi baru lahir, orang tua mana sih yang tak ingin selalu didekatnya?. Namun baik bunda maupun bayi pasti juga memerlukan tempat tidur yang nyaman untuk sendirian kan. Lengkapi tempat tidur bayi dengan bantal dan guling yang empuk dan nyaman. Berikan juga selimut bayi dengan bahan yang lembut, perlak kecil, dan alas berupa kain yang mampu menyerap keringat. Oh ya pastikan juga fentilasi udara diruangan bayi sangat baik, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

  1. Peralatan Kesehatan

Yang tak boleh ketinggalan orang tua siapkan untuk bayi baru lahir selanjutnya adalah peralatan kesehatan. Minimal bund telah menyiapkan thermometer, kassa, betadine serta minyak telon. Lakukan pengecekan rutin suhu badan sang bayi. Pasalnya bayi yang baru lahir sangat rentan dengan kondisi sekitar, berbeda dengan orang dewasa.

  1. Peralatan Bepergian

Tak selamanya orang tua berada dirumah bersama sang bayi. Pasti sesekali ada waktunya orang tua dan bayi pergi ke luar rumah atau control ke dokter pasca melahirkan. Itu sebabnya orang tua perlu menyiapkan tas dengan ukuran yang mampu menampung beberapa lembar baju bayi, gendongan bayi silang, hingga kereta bayi. Jika sekiranya bunda pergi cukup lama, maka jug perlu disiapkan botol ASI sebagai tempat persediaan ASI.

  1. Perlengkapan Makan

Dan perlengkapan terakhir yang musti orang tua siapkan adalah beberapa perlengkapan makan bayi agar dia merasa nyaman. Seperti tatak liter agar makanan tak tumpah, botol susu plastic sesuai dengan standar, breast jump jika bunda tidak sering berada didekat bayi, empeng dll.

Mengingat perkembangan bayi sangatlah cepat, para orang tua sebaiknya membeli perlengkapan bayi tersebut dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebhan. Pilih perlengkapan-perlengkapan bayi yang berkualitas untuk menjamin keamanan dan kesehatan bahan yang digunakan. Itu dia 6 daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib orang tua siapkan. Persiapakan segalanya sebaik mungkin ya ayah bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E