5 Tips Ini Akan Menghemat Budget Selama Anda Berlibur

Libur panjang selalu menjadi waktu terbaik untuk menikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Merencanakan perjalanan yang nyaman tentu saja lebih penting daripada harus terburu-buru menghabiskan weekend yang pendek. Selain itu, pemilihan lokasi juga akan memberi dampak berharga terhadap kondisi kantong pascaliburan.

(sumber : yukpiknik.com)

Agar liburan Anda tetap nyaman tanpa menghabiskan gaji ke-13 dalam sekejap, perhatikanlah 5 tips berlibur hemat berikut ini.

  1. Ubah Tujuan Liburan/Menentukan Objek Wisata

Aktivitas di objek wisata berperan cukup besar pada membengkaknya pengeluaran liburan Anda. Untuk mencegahnya, Anda bisa menentukan destinasi wisata yang lebih ramah kantong.Wisata sejarah ke museum atau wisata ke kawasan kuliner harga kaki lima, bisa menjadi pilihan yang cocok.

Misalnya, destinasi liburan Anda adalah Tangerang. Anda bisa mengunjungi Museum Benteng Heritage—museum peranakan Tionghoa pertama di Indonesia, Masjid Pintu Seribu, Kelenteng Tjo Soe Kong, Pusat Kuliner Pasar Lama, dan lain-lain. Sebaliknya, hindarilah tujuan wisata ke mal, wahana rekreasi, atau kawasan one stop entertainment. Selain volume pengunjung yang pasti sangat padat, harga kudapan di sana bisa melonjak drastis dan melebihi bujet.

  1. Cermat Memilih Akomodasi

Salah satu akomodasi yang harus diperhatikan adalah transportasi. Dari jauh hari,  Anda sebaiknya membandingkan plus minus menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan layanan transportasi online. Memilih sewa kendaraan di lokasi wisata juga bisa menjadi alternatif yang menekan bujet.

  1. Mencoba Objek Wisata Baru

Kemudahan mengakses informasi di internet seharusnya membantu Anda menemukan objek-objek wisata baru. Menurut trennya, pengelola objek-objek wisata baru ini akan menawarkan harga miring. Mereka juga akan berpikir dua kali untuk memasang harga tinggi apabila objek wisatanya belum banyak dikenal masyarakat. Kesempatan mengunjungi objek wisata yang masih baru tentunya juga memberi kebanggaan tersendiri untuk Anda.

  1. Membawa Uang Tunai

Meskipun terkesan sepele, tapi cara berhemat yang satu ini memang terbukti ampuh. Kebiasaan Anda yang ringan tangan menggesek kartu kredit akan tertahan untuk sementara. Dengan uang tunai yang sudah dianggarkan sebelumnya, Anda lebih mampu mengontrol pilihan pengeluaran.

Apabila ada kekhawatiran terhadap keamanan membawa uang tunai, Anda punya dua pilihan untuk mengatasinya. Pertama, Anda bisa memastikan kembali lokasi ATM terdekat di lokasi objek wisata. Kedua, Anda bisa berbagi tugas pegang uang dengan anggota keluarga lain.

  1. Disiplin dan Memadatkan Durasi Berlibur

Liburan akan selalu identik dengan suasana santai demi membebaskan pikiran. Akan tetapi, dalam keperluan menghemat pengeluaran, Anda sebaiknya tidak terlalu santai. Anda tetap perlu bersikap disiplin untuk merencanakan lamanya waktu liburan. Semakin padat jadwal liburan Anda, semakin hemat juga biaya yang harus Anda keluarkan.

Sebelum menjalankan 5 tipshemat budget di atas, Anda juga bisa memesan hotel murah terlebih dahulu.Misalnya, Anda ingin mencari hotel murah di Tangerang. Anda perlu mengakses web Airy Rooms, lalu mengetikkan “Tangerang” di kolom pencarian. Selanjutnya, laman akan menampilkan daftar hotel murah yang bisa Anda pilih. Jika ingin lebih praktis lagi, bisa memesan lewat versi aplikasi Android atau iOS.

Meski murah, hotel dan penginapan di jaringan Airy Rooms menawarkan fasilitas yang memadai. Sudah pasti Anda akan berbaring di tempat tidur bersih, menonton tayangan di televisi layar datar, dan menikmati akses Wi-Fi gratis.Selain itu tersedia pula fasilitas air minum gratis, perlengkapan mandi, shower air hangat, dan AC.

Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer, kartu kredit, bahkan lewat Indomaret. Mudah, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E