5 Cara Mudah Mengatasi Gigi Ngilu

Alami gigi ngilu pasti pernah terjadi pada banyak kalangan, umumnya gigi ngilu terjadi pada ornag –orangyang sudah berumur 20 tahun hingga 50 tahun, namun semakin bertambahnya usia biasanya semakin rentan, karena kekuatan gigi Anda berkurang. Itulah mengapa Anda harus melindungi gigi dari sejak kecil, biasakan Anda dan anak-anak Anda untuk menyikat gigi dengan bersih ketika sebelum tidur malah dan sesudah makan pagi. Sikat gigi Anda dengan pasta gigi sensitif yang perlindungannya lebih maksimum seperti pasta gigi pepsodent, juga pilihlah sikat gigi yang lembut dan mampu memberikan penyikatan yang tidak kasar. Sebelum Anda mengalami sakit gigi ngilu yang akan mengganggu aktivitas keseharian Anda, ada banyak sekali cara mengatasi gigi yang ngilu. Berbagai caranya ini Anda harus mencoba untuk menyembuhkan atau mengatasi sedikit masalahnya.

Gigi ngilu menjadi sangat serius apabila Anda sudah semakin sakit untuk mengkonsumsi jenis makanana apapun, ketika ini terjadi artinya lapisan gigi Anda semakin menipis dan perlu ditangani oleh para ahli yang bergerak dibidang gigi. Lapisan gigi biasanya rusak karena sudah terkikis oleh makanan atau gosokkan yang terlalu keras dan kasar. Makanan yang tidak cocok juga akan membuat gigi bekerja lebih keras sehingga merusak lapisan gigi. Gigi ngilu biasanya bereaksi ketika dipertemukan dengan makananan bersuhu tinggi entah itu terlalu dingin atau panas, juga pada makanan asam, pedas bahkan terlalu manis pun akan membuat gigi Anda akan terasa nyeri.

Itulah mengapa perlu ada pengatasan secara serius dari diri Anda untuk mengatasi keadaan sakit gigi ngilu yang akan menganggu aktivitas Anda. Dibawah ini beberapa cara mudah mengatasi gigi ngilu.

  1. Minum susu

Susu memang dikenal baik untuk berbagai jenis pertumbuhan tulang. Gigi merupakan salah satu tulang yang langsung ,bersentuhan dnegan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Anda yang giginya sudah rusak dan memerlukan perbaikan, dianjurkan untuk mengkonsumsi susu. Namun akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi jenis susu murni yaitu susu sapi murni yang belum dikemas atau sudah ada tambahan gulanya. Minum susu sebelum tidur agar membantu memperbaiki kerusakan gigi dengan lebih cepat, sehingga gigi Anda lebih kuat dan terhindar dari sensitif.

  1. Air garam

Garam memang memberikan kemudahan pada penyembuhan luka, ketika gigi Anda sedng ngilu artinya ada kerusakan yang sudah terjadi pada gigi Anda. akan lebih baik jika Anda memperbaikinya dengan air hangat yang sudah dicampurkan garam larutkan, lalu mulailah berkumur dengan air garam ini. Air garam akan memeprbaiki kerusakan dan mempertahankan Anda dari datangnya bakteri baru yang akan merusak gigi Anda. rasa nyeri juka akan hilang saat itu juga karena airnya memberikan ketenangan pada saraf gigi yang sudah sakit.

  1. Bawang merah dan putih

Rempah utama masak satu ini juga berfungsi memberikan perlindungan pada gigi ngilu dengan cara mengunyah langsung bawangnya. Rasanya memang tidak enak, namun reaksi yang akan diberikan sangat ampuh, enzim yang terkandung dalam bawang juga akan membunuh bakteri yang ada di gigi Anda. Sehingga lebih kuat dan terlindungi.

  1. Ganti pasta gigi

Ini sebenarnya adalah hal utama yang harus Anda lakukan, pasta gigi yang harus Anda ganti, apalagi jika kandungan pasta gigi Anda terkandung mint atau menthol yang akan membuat gigi Anda segar namun akan mengikis lapisan gigi Anda. ganti pasta gigi yang sensitif yang akan memberikan perlindungan atau lapisan baru untuk mengauatkan dan melindungi gigi Anda.

  1. Es batu

Anda pasti kaget, pasalnya gigi Anda saja sudah tidak kuat dengan makanan dingin  dan panas, namun es batu bisa meredakan sakit ngilu pada gigi Anda. caranya ambil beberapa balok es batu lapisi dnegan handuk dan kompres pada gusi dan gigi Anda, sehingga saraf pada gusi akan lebih kebal dan menghilangkan rasa sakit pada gigi Anda.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan dirumah untuk meredakan atau mengatasi gigi ngilu yang membuat hari-hari Anda jadi terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX58215FC63706E